Lemsaneg Resmi Luncurkan OTORISASI SERTIFIKASI DIGITAL (OSD) dan Peralatan Sandi Karya Mandiri

Jakarta, (26/11/2015) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) resmi meluncurkan produk dan layanannya berupa Otorisasi Sertifikasi Digital (OSD) dan Peralatan Sandi Karya Mandiri di Auditorium dr. Roebiono Kertopati Lemsaneg.

Prosesi launching dilakukan langsung oleh Kepala Lemsaneg, Mayjen TNI Dr. Djoko Setiadi, M.Si. dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi , ME.

Sebagai perwujudan tekad lembaga sandi negara guna mendukung program e-government secara nasional, dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB) sebagai leading sector, maka pada hari ini bersama Lemsaneg akan meluncurkan penyelenggaraan Certificate Authority (CA) dengan nomenklatur Otoritas Sertifikat Digital serta peluncuran beberapa produk peralatan sandi karya mandiri Lemsaneg sebagai sarana pengamanan informasi di lingkungan instansi pemerintah.

Otoritas Sertifikat Digital (OSD) adalah sebuah badan hukum yang berfungsi sebagai pihak ketiga terpercaya yang bertugas menandatangani, menerbitkan dan memelihara sertifikat elektronik yang diperuntukkan bagi sistem elektronik pemerintahan.

OSD yang diselenggarakan oleh Lemsaneg diperuntukkan untuk layanan universal di lingkungan instansi pemerintah sebagai dukungan untuk percepatan implementasi e-government yang berprinsip pada transparansi, akuntabilitas, efektifitas, dan efisiensi dengan tetap mengedepankan aspek keamanan informasi sebagai salah satu aset strategis nasional.

Peralatan sandi (Palsan) karya mandiri adalah peralatan sandi yang dikembangkan oleh Lemsaneg untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam mengamankan komunikasi dan informasi.

Sumber: Lembaga Sandi Negara – 26 Nopember 2015