FAQ

Tentang BSrE

BSrE adalah Unit Pelaksana Teknis yang bersifat mandiri dan berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang memiliki tugas melaksanakan pemberian layanan penerbitan dan pengelolaan sertifikat elektronik.
Penjelasan mengenai sertifikat elektronik dapat dilihat pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
Permohonan penggunaan layanan sertifikat elektronik dari BSrE, dapat diajukan melalui surat yang dapat dikirimkan ke email: info.bsre@bssn.go.id
Sampai saat ini untuk seluruh layanan BSrE tidak dikenakan biaya.

Tentang Sertifikat Elektronik

Berdasarkan pasal 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Sertifikat Elektronik adalah “sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik”. Singkatnya, Sertifikat Elektronik merupakan identitas yang dimiliki seseorang dalam bentuk digital
Sertifikat Elektronik merupakan identitas yang dimiliki seseorang dalam bentuk digital atau file softcopy bukan berbentuk fisik seperti KTP atau paspor.
Penggunaan Sertifikat Elektronik mempunyai banyak manfaat. Diantaranya, dapat mempercepat proses bisnis, menghemat waktu, dapat menjamin keaslian dari suatu dokemen, dapat digunakan sebagai verifikasi identitas di dunia siber, ramah lingkungan karena dapat menghemat penggunaan kertas.