Monitoring dan Helpdesk

Dalam sebuah pekerjaan tentunya sebuah pengawasan atau pemantauan sangat penting demi menjaga kualitas ataupun hasil dari setiap pekerjaan untuk kemudian ditindaklanjuti. Menurut WHO, Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara reguler untuk melihat apakah kegiatan / program itu berjalan sesuai rencana sehingga masalah yang dilihat / ditemui dapat diatasi. Pengertian Monitoring juga dapat dijadikan sebagai salah satu bagian dari pengumpulan informasi maupun data yang bertujuan untuk menilai hasil yang dilakukan secara berkelanjutan dan tentunya objektif.

Monitoring yang dilakukan oleh Balai Sertifikasi Elektronik berupa pemantauan atau pengawasan terhadap kegiatan / program yang berkaitan dengan penerapan Serifikat Elektronik dalam bentuk aplikasi maupun SOP yang digunakan oleh instansi tersebut berjalan dengan baik atau terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Tujuan dilakukan Monitoring adalah pengukuran dan penilaian kinerja pembinaan, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan baik secara kualitas dan kuantitas dengan efektif, mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana, dan mengidentifikasi masalah yang timbul agar langsung dapat diatasi.

Help Desk adalah bagian dalam perusahaan yang melayani dan / atau menanggapi pertanyaan teknis pengguna. Pertanyaan dan jawaban dapat disampaikan melalui telepon, email, web atau fax, bahkan pada software help desk itu sendiri. Help Desk dapat dikatakan sebagai bagian pelengkap dari suatu fungsi pelayanan dan bertugas sebagai pemecah masalah atau problematika lainnya. Dengan adanya help desk, seorang pengguna dapat terpuaskan karena permasalahannya dapat teratasi.

Help Desk yang dilakukan oleh Balai Sertifikasi Elektronik berupa menjawab pertanyaan pengguna yang disampaikan melalui Website milik Balai Sertifikasi Elektronik atau pun melalui telepon. Melalui Help Desk Balai Sertifikasi Elektronik memberikan informasi dan data dukung yang diperlukan terkait penerapan Sertifikat Elektronik seperti, sistem yang harus disiapkan ketika ingin menerapkan Sertifikat Elektronik atau pun ketika terjadi permasalah terhadap sistem informasi yang digunakan untuk mengelola Sertifikat Elektronik tersebut.