Sejarah BSrE

Cikal Bakal Terbentuknya Balai Sertifikasi Elektronik dari OSD Lemsaneg

2008

Implementasi E-Government

Diterbitkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Setelah dikeluarkannya peraturan ini, Lemsaneg melakukan riset sistem Certification Authority (CA) sebagai dasar pembangunan infrastruktur CA Indonesia. Hasil riset ini juga digunakan oleh Lemsaneg untuk membantu Kemenkominfo dalam membangun Root CA Indonesia.

2008

2012

Otoritas Sertifikat Digital Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (OSD PSE)

Dikeluarkannya Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 9 Tahun 2012 tentang Otoritas Sertifikat Digital Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik sebagai dasar pendirian OSD PSE untuk implementasi sertifikat elektronik dalam proses pengadaan barang/jasa elektronik nasional.

2012

2016

Otoritas Sertifikat Digital (OSD)

Kepala Lembaga Sandi Negara mengeluarkan Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 7 Tahun 2016 tentang Otoritas Sertifikat Digital. Perka ini berisi tentang perubahan dan tidak berlakunya kembali Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 9 Tahun 2012 tentang Otoritas Sertifikat Digital Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik.

2016

2017

Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE)

Dikeluarkan Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik, yang menyebutkan bahwa guna memberikan dukungan keamanan informasi dalam pelaksanaan e-Government, maka Kepala Lembaga Sandi Negara membentuk badan baru yang disebut Balai Sertifikasi Elektronik atau yang disingkat BSrE. BSrE merupakan unit pelaksanana teknis dalam penyelanggaraan OSD (Otoritas Sertifikat Digital) Lemsaneg yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Lembaga Sandi Negara.

2017

2019

Pengakuan Certification Authority (CA) BSrE oleh Kominfo

Diterbitkannya SK Pengakuan Nomor 936 Tahun 2019 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) dengan Status Pengakuan Terdaftar per tanggal 12 November 2019.

2019