SSL Server

Sertifikat Elektronik untuk SSL Server

sslserver

Apa itu SSL?

Secara sederhana, Sertifikat SSL adalah file yang mengikat sebuah kunci kriptografi ke suatu detail organisasi. Ketika diinstal di sebuah server web, ia akan mengaktifkan gembok pada broswer dan protokol HTTPS sehingga memungkinkan koneksi yang aman antar sebuah server web dengan sebuah browser.

Mengapa menggunakan SSL ?

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara pengirim dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit, username dan password, dan informasi sensitif lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL. Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Selain juga enkripsi, sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Ini artinya dapat dipastikan dalam mengirimkan informasi ke server yang benar-benar valid. Mengapa ini begitu sangat penting? Sifat dasar dari internet artinya bahwa pelanggan atau konsumen akan lebih sering dalam mengirimkan informasi yang melewati beberapa jumlah komputer. Setiap dari komputer lain dapat menyamar sebagai komputer asli dan mengelabui pengguna untuk mengirimkan informasi mereka ke komputer tersebut. Hal ini hanya dapat dihindari dengan menggunakan Public Key Infrastructure (PKI), dan mendapatkan sertifikat SSL dari penyedia SSL terpercaya. Penyedia SSL terpercaya akan mengeluarkan sertifikat SSL bagi perusahaan yang telah diverifikasi melalui beberapa proses standard pemeriksaan identitas.

Sertifikat Elektronik pada SSL Server berperan sebagai enkripsi informasi sensitif saat proses pengiriman melalui internet dan juga menyediakan otentikasi terhadap server yang dituju, serta memastikan server tersebut benar-benar valid.